Senin, 15 November 2010

SIMBAL


SIMBAL

Simbal merupakan alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Alat musik ini dimainkan dengan memukul. Jenis alat musik seperti itu di sebut juga perkusi. Pemmbuat simbal terkanal dari Turki hingga kini membuat simbal dari campuran logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasianya.
Simbal ini masuk dalam alat musik yang bertempo cadas.
Simbal, adalah sebuah lempengan besi bulat yg dibuat secara khusus n dibuat dg logam khusus agar menghasilkan suara untuk mengimbangi ketukan drum. Simbal sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu tepi simbal/edge, bell, & surface/badan. Bell adalah bagian tengah simbal yg bberbentuk bulat & berbunyi lebih nyaring dari bagian simbal lain. Edge/tepi simbal adalah bagian simbal yg paling ujung, dan apabila dipukul dg stik maka akan menghasilkan bunyi yg paling keras & maksimal bagian simbal yg lain. Surface/badan simbal adalah bagian antara bell & tepinya n bersuara pelan dg sedikit unsur bell n roll. Biasanya permainan ride lebih sering menggunakan roll dan bell daripada edge. Itu dikarenakan apabila ride dipukul tepinya, akan menghasilkan suara yg sangat menyebar, tebal, dan sedikit unsur crash, kecuali pada simbal crash ride(campuran antara crash & ride), dapat dipukul edgenya tapi dapat juga dipukul roll.

Jenis-Jenis Simbal

Kalian pasti pernah mendengar istilah crash, ride, hihat, china dll.
Itu adalah jenis-jenis simbal. Mari aku jelaskan jenis-jenis simbal dasar :
  1. Ride cymbal adalah yg terbesar n biasanya lebih tebal dari semuanya. Ukuran : Dari 18"-26". Digunakan untuk permainan rhythmic, dan dipukul pada bagian bell dan permukaannya, tapi bisa juga difunsikan sebagai crash. Pengembangan : Light Ride, Heavy Ride, Raw Ride, Mellow Ride, Rock Ride, Bell Ride, Dark Ride. Bell Ride memiliki ukuran bell yg lebih besar dari bell ride pada umumnya.
  2. Crash cymbal adalah simbal yg paling tipis dan biasanya yg paling kecil. Ukuran : Dari 14"-20"an. Biasanya digunakan pada awal ketukan drum, dipukul bersama bass drum. Dipukul pada bagian tepi. Pengembangan : Thin Crash, Rock Crash, Heavy Crash, Dark Crash.
  3. Crash Ride cymbal adalah gabungan antara crash dan ride. Ukuran : Dari 17"-26". Ride bersuara rhythmic dan jelas, crash memiliki karakter suara yg energik. Jadi, crash ride, bisa dimainkan untuk crash, bisa juga untuk light ride.
  4. Splash cymbal adalah simbal yg sangat kecil & sangat tipis. Ukuran : Dari 6"-12". Karakter suara yg dihasilkan simbal jenis ini adalah cepat menghilang suaranya. Biasanya digunakan untuk jenis musik jazz n cepat. Pengembangan : Bell Cymbal, Cup Chime, Chopper Effects.
  5. Hi-Hat cymbal adalah 2 simbal yg digabungkan. Ukuran : 10"-15". Cara pemasangannya berlawanan arah satu sama lain dalam stand khusus hi-hat. Dapat digabung & dipisah menggunakan pedal yg ada pada stand. Simbal atas biasanya lebih tipis yg berguna untuk menambah respon stik dan kedua simbal biasanya memiliki karakter suara yg jauh berbeda . Hi-Hat dapat dimainkan dg berbagai cara seperti : membuka hi-hat, setengah menutup dan menutup. Pengembangan : Dark Crysp Hi-Hat, Crystal Hi-Hat, Stage Hi-Hats dll(tergantung pada merk yg menginovasi)
  6. China & Swish cymbal adalah simbal yg berasal dari daratan Cina. Ukuran : 10"-20"an. Simbal ini melengkung pada tepinya, n untuk mempermudah cara bermainnya dg cara dibalik n dipasang sedikit lebih rendah dari simbal lain. Pada merk PAISTE, ada jenis china yg bernama Novo China, yaitu lengkungannya mengarah ke bawah, jadi dapat dimainkan bellnya sekaligus. China dapat difungsikan sebagai crash n bahkan ride. Pengembangan : Novo China, Thin China dll.
Karakteristik Simbal

Berikut adalah karakteristik simbal.
  • Ukuran. Semakin besar ukurannya, semakin panjang sustain yg dihasilkan.
  • Ketebalan. Semakin tipis ukurannya, semakin panjang sustainnya.
  • Berat. Lihat gambar dibawah untuk memperjelas.
  • Ukuran Bell. Semakin kecil ukuran bell, suaranya menjadi makin dry.
Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

Sekarang giliran bahan-bahan pembuat simbal :
  • Tradisional Bronze/B8(Campuran dari 80% Chopper +20% Tin). Ditemukan oleh pihak PAISTE, tepatnya oleh John Bonham pada tahun 1968. Memiliki sustain yg panjang, dapat menembus distorsi gitar dg baik n tahan lama. Simbal yg menggunakan bahan ini : Sabian B8, PAISTE 201, PAISTE PST5, PAISTE ALPHA, PAISTE 2002, GIANT BEAT, RUDE, Zildjian ZBT.
  • B20. Bahan ini memiliki kualitas suara yg baik. Simbal yg menggunakan bahan ini : Sabian B8Pro, APX, AAX, AA, HH, HHX, Zildjian ZHT, ZXT, Z3.
  • Nickel Silver(Campuran dari 88% Chopper + 12 % Nickel). Bahan ini memiliki kualitas suara yg sangat baik, tapi oleh pihak PAISTE, bahan ini lebih banyak digunakan untuk bahan Gong.
  • Brass(Campuran dari 63% Chopper + 37% Zinc). Menurut saya sihh, bahan yg paling buruk untuk dijadikan bahan dasar simbal. Bahan dasar ini tidak dapat menembus distorsi gitar dg baik, sustain yg rendah, n daya tahan yg sangat kurang. Namun, pihak PAISTE dapat menyulap bahan ini menjadi simbal yg lumayan untuk pemula daripada merk simbal lain. Simbal yg menggunakan bahan ini : Sabian Solar, PAISTE 101, Zildjian PlanetZ, Meinl HCS, PAISTE PST3.
  • Paiste Signature Alloy. Bahan ini merupakan bahan rahasia yg sudah dipatenkan olhe pihak PAISTE. Tidak ada bahan lain yg dapat menandingi bahan ini, karena ini adalaha BAHAN YG PALING BAIK dalam dunia simbal. Bahan ini dapat menembus distorsi gitar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar