Kamis, 23 Desember 2010

KECAPI

Kecapi. Musik memang menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat, oleh sebab itulah kali ini admin ingin melanjutkan lagi perkenalan kita pada kekayaan khasanah kesenian Dayak di Kalimantan Tengah dengan perkenalan kita pada alat musik lainnya yang dimainkan sebagai alat musik petik. Salah satu literasi menyebutkan bahwa instrumen musik petik jenis tertua awalnya memiliki bentuk yang sangat menyerupai gitar ditemukan pada sebuah objek peninggalan arkeologi di wilayah Alaya Huyuk sekitar tahun 1400 Sebelum Masehi.

Kecapi sebagai bagian yang memegang peranan penting dari perkembangan sejarah bermusik Suku Dayak adalah alat bermain musik dengan cara memainkan dipetik. Kecapi Suku Dayak berbahan baku terbuat dari kayu ringan.

Di masa lalu tali yang digunakan adalah Tengang atau tali liat yang terbuat dari kulit kayu, namun saat ini Tengang Kecapi dapat juga digantikan dengan dawai nilon atau kawat senar.

Tengang pada Kecapi bisa berjumlah dua atau tiga buah tergantung jenisnya masing-masing. Apabila Tengang yang ada pada Kecapi tadi dipetik barulah nada lagu dapat diatur. Suara dari Kecapi Kalteng biasanya digunakan untuk mengiringi Karungut dan aneka tari-tarian tradisional asal Dayak Kalimantan Tengah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar